Entri Populer

Senin, 13 Desember 2010

ASAM DAN BASA

ASAM DAN BASA

Asam sering dikenali sebaai zat yang berbahaya dan korosif. Hal ini benar untuk beberapa jenis asam yang digunakan di laboratorium, seperti asam sulfat dan asam klorida.tetapi asam yang tidak berahaya juga banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada cuka dan buah- buahan.Sseperti halnya asam , basa juga sering digunakan dalam kehidupan sehari- hari kayata : di pasta gigi, detergen, atau cairan pembersih. Secara umum asam dapat dikenali dari bau dan rasanya yang tajam/ masam cobain deh mesti asem.... Sedangkan basa bersifat licin dan rasanya pahit. bila diteteskan pada kertas lakmus , asam akan berwarna merah sedangkan basa akan berwarna biru.

btw...ada beberapa teori yan menerang kan asam dan basa..........
1. Teori Arrhenius

Menurut Arrehenius, asam adalah zat yang dapat meleepaskan ion H+ dalam air. Sedangkan basa adalah zat yang dapat melepaskan ion dalam air.




Berdasarkan jumlah ion yan dilepaskan, asam dapat terbagi menjadi
  1. asam monoprotik yaitu asam yang mlepaskan ion H+1
  2. asam diprotik yaitu asam yan melepaaskan ion H+ 2
  3. asam tripotik yaitu asam yang dapat melepaskan ion H+ 3

Bila asam dan basa direaksikan maka akan terjadi reaksi penetralan yaitu reaksi terbentuknya garam dan air, yang akan menghilangkan ion dan serta menghilangkan sifat asam dan basa dalam larutan secara bersamaan...




2. Teori Bronsted - lowry

Teori Arrenius ternyata berlaku hanya pada larutan dalam air..so teori ini gak bisa menjelaskan fenomena pada reaksi tanpa pelarut atau dengan pelrut buan air. Pada tahun 1923, Bronsted - Lowry menungkapkan bahwa asam dan basa ditentukan oleh kemampuan seyawa untuk melepas/ menerima proton ng mampu memberi proton pada zat lain. dan basa sebaliknya.

3. Teori Lewis

Lewis mengelompokkan senyawa sebagai asam dan basa menurut kemampuannya melepaskan atau menerima elekron. menurut lewis
asam adalah
  • senyawa yang menerima pasangan elektron
  • senyawa dengan elektron valensi kurang dari 8

basa adalah
  • senyawa yang mendonorkan pasangan elektron
  • senyawa yang mempunyai pasangan elektron bebas



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar